Yuk, Kenali Karakteristik Umum Kanopi Rumah Minimalis!

Menentukan desain kanopi rumah minimalis yang cocok dengan rumah minimalis Anda memang terbilang susah-susah gampang. Pasalnya kita harus menentukan desain warna dan bentuk kanopi rumah minimalis yang senada dengan bentuk desain fasad rumah minimalis dan warna cat eksterior rumah minimalis Anda.

Contoh kanopi rumah minimalis berwarna hitamFungsi kanopi rumah minimalis tidak hanya berfungsi sebagai hiasan untuk memperindah bangunan rumah tapi juga berfungsi sebagai pelindung bagi jendela, pintu dan benda berharga lain milik Anda seperti mobil atau motor dari serangan cuaca luar yang ekstrim, yang tentunya bisa merusak dan mengikis cat jendela atau pintu karena terpapar sinar matahari langsung terus menerus dan juga dapat membuat kotor mobil atau motor Anda di musim hujan.

Kanopi rumah minimalis berfungsi sebagai pelindung kendaraan dan pintu Anda dari serangan cuaca ekstrimKanopi rumah minimalis juga bisa digunakan sebagai ruang tamu outdoor yang cozy nan nyaman di teras rumah minimalis. Apalagi letak kanopi biasanya terletak di depan rumah serta berada di samping taman depan minimalis yang asri nan indah. Saat banyak tamu yang datang ke rumah, Anda bisa menyiapkan kursi lipat dan meja kecil untuk sekedar bersantai dan bercengkrama sejenak bersama kerabat sambil menikmati asrinya suasana taman depan. Anda dan tamu-tamu Anda jadi bisa menikmati suasana outdoor tanpa harus khawatir kepanasan dan kehujanan serta terlindung privasinya dengan adanya sebuah pagar rumah minimalis yang membatasi antara rumah dengan jalanan. Setelah kegiatan selesai Anda bisa kembali menggunakannya sebagai carport atau garasi dengan menyimpan kembali kursi-kursi dan meja kecil yang telah selesai digunakan. Sangat praktis dan multifungsi bukan?

kanopi rumah minimalis bisa berfungsi juga sebagai teras rumah minimalis tempat bercengrama bersama kerabat yang datangLalu bagaimana menentukan desain bentuk atau warna dari kanopi rumah minimalis? Bahan kanopi rumah minimalis seperti apa yang cocok untuk dipasang di rumah Anda?

Kanopi rumah minimalis berbeda-beda dilihat dari berbagai kriteria, yakni dari segi desainnya, ukuran, konstruksi kerangkanya, material pembuatnya, warna dan biaya pembangunannya.Namun bentuk kanopi rumah minimalis pada umumnya mempunyai unsur garis-garis berulang horizontal atau vertikal pada kerangka langit-langitnya dan hanya mempunyai sedikit unsur ukiran atau hiasan, bahkan kadang tidak memiliki unsur ukiran sama sekali. Biasanya kanopi rumah minimalis populer adalah yang bentuknya datar, dan masing-masing sisinya lurus, kaku, bersudut tajam dan terlihat tegas. Namun ada juga yang memakai unsur atap yang sedikit melengkung.

Kanopi rumah minimalis dengan atap berbentuk melengkung menghilangkan kesan kaku pada rumah

Bagi Anda yang ingin mempunyai kanopi rumah minimalis yang kuat dan tahan lama terhadap berbagai serangan cuaca, lebih baik pilih kanopi rumah minimalis dengan material bahan yang terbuat dari stainless steel, besi tempa, besi hollow, besi pipa ataupun metal. Material kanopi rumah minimalis yang terbuat dari bahan-bahan tersebut biasanya tahan terhadap serangan hujan lebat terus menerus, tidak mudah lapuk dan berjamur karena kelembaban udara, serta cukup tahan terhadap benturan atau hantaman, sekaligus bisa melindungi mobil, motor dan benda apapun di bawahnya dari serangan sinar Ultra Violet matahari yang bisa mengikis dan membuat kusam cat kendaraan. Di antara ketiga bahan tersebut biasanya yang paling tahan terhadap serangan cuaca adalah yang terbuat dari bahan stainless steel karena tidak mudah berkarat seperti halnya besi atau metal.

Kanopi rumah minimalis biasanya berbentuk datar, bersudut tajam, dan tegasWalaupun kerangka kanopi rumah minimalis yang terbuat dari bahan stainless steel, besi ataupun metal sangatlah kokoh dan tahan lama, bentuk kerangka yang bisa dibuat sangatlah terbatas, sehingga bentuknya lebih terkesan kaku. Jadi bagi Anda yang lebih menyukai kanopi rumah minimalis yang lebih alami, natural dan lebih artistik dari segi estetika, bisa menggunakan kerangka kanopi yang terbuat dari kayu. Hal ini dikarenakan bahan materialnya yang lebih fleksibel untuk dibentuk dibandingkan bahan keras seperti besi, metal, dan stainless steel. Untuk atap penutup kanopi rumah minimalis, pilihan material yang bisa dipilih antara lain  polycarbonate, zingalum, kaca , seng, kain dan genteng metal.

Kanopi rumah minimalis biasanya terbuat dari metal, besi atau stainless steel, tapi ada juga yang terbuat dari kayu

Untuk desain warna kanopi rumah minimalis, sebaiknya sesuaikan saja dengan warna fasad rumah yang Anda miliki. Hal ini untuk menjaga agar desain kanopi rumah minimalis bisa menambah keindahan rumah minimalis milik Anda. Jika Anda memiliki fasad depan rumah minimalis yang warna dominannya putih, hitam atau abu-abu, Anda bisa menggunakan kanopi rumah minimalis yang mempunyai kerangka berwarna hitam. Jika fasad rumah minimalis Anda memiliki warna dominan cokelat, Anda bisa menggunakan kanopi rumah minimalis yang berwarna cokelat natural alami dari kayu dimana untuk memperindahnya Anda bisa menambahkan sentuhan tanaman rambat untuk menambah keasrian lingkungan rumah Anda. Selain lebih hijau dan asri, penampilan kanopi rumah minimalis yang bersifat kaku bisa dilembutkan dengan sentuhan tanaman rambat yang cantik dan elegan. Anda juga bisa menambahkan sentuhan pot-pot tanaman di sekitar kanopi rumah minimalis untuk memberikan suasana asri pada rumah Anda. Untuk menambah suasana hangat di malam hari tambahkan sentuhan lampu cantik pada kanopi rumah minimalis Anda.

Kanopi rumah minimalis terlihat asri dengan sentuhan tanaman rambatKanopi rumah minimalis dengan sentuhan tanaman rambat dan tanaman hijau lain membuat suasana rumah menjadi asri

One thought on “Yuk, Kenali Karakteristik Umum Kanopi Rumah Minimalis!

  1. Pingback: Ini Dia Kumpulan Inspirasi Desain Jendela Rumah Minimalis Untuk Anda! - Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>